MEDIA PROMOSI I
Pemasaran produk peralatan sistem teknik tidak hanya berhubungan
dengan produk, harga produk, dan pendistribusian produk, tetapi berkait pula
dengan mengkomunikasikan produk ini kepada konsumen, untuk mengomunikasikan
produk ini perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi, yang
terdiri dari empat komponen utama yaitu periklanan, promosi penjualan,
publisitas dan penjualan tatap muka. Tujuan utama mempromosikan sebuah produk
meliputi :
a. memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan,
b. meningkatkan angka penjualan,
c. membangun loyalitas konsumen.
a. memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan,
b. meningkatkan angka penjualan,
c. membangun loyalitas konsumen.
Promosi sangat penting dalam suatu usaha karena mempengaruhi hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan. Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi :
a. Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen.
b. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk.
c. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen.
d. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran.
e. Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen.
f. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya.
g. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.
Kegiatan promosi membutuhkan media.
Ada banyak media promosi yang dapat digunakan untuk mendongkrak penjualan.
Secara garis besar, ada tiga jenis media iklan yaitu media iklan cetak,
elektronik, dan iklan media luar ruang atau outdoor.
Media cetak
Media cetak mengutamakan penggunaan
pesan-pesan visual yang dihasilkan dari proses percetakan seperti iklan di
koran, majalah, tabloid, poster, dan jurnal. Masing-masing media ini memiliki
keunggulan tersendiri dengan cakupan audience yang bermacam-macam. Koran harian
menguntungkan untuk digunakan seandainya diinginkan promosi yang dilakukan
dapat tersebar luas dan setiap hari terbit. Berbeda dengan koran, majalah
memiliki audience yang lebih runcing dengan waktu terbit yang tidak setiap
hari. Jurnal serupa dengan majalah namun memiliki audience yang lebih spesifik,
dan lebih efektif digunakan ketika ingin menyasar target pasar tertentu.
Media elektronik
Dengan merebaknya media sosial dan
internet sebagai jantung kehidupan manusia modern masa kini, media elektronik
sering dianggap sebagai media paling efektif untuk menjadi media iklan dan
promosi. Contoh media elektronik bisa berupa televisi dan radio; website,
majalah, dan koran elektronik; bisa juga media sosial seperti Facebook dan Instagram.
Iklan outdoor
Jenis media ini adalah media yang
paling sering kita jumpai di luar ruangan seperti di jalan, pasar, stasiun, dan
ruang-ruang publik lain. Beberapa contoh media iklan outdoor yakni
·
Billboard, media promosi yang berbentuk seperti poster dengan ukuran yang
besar. Saat ini muncul versi digital dari billboard yaitu videotron, dan versi
mobile yang biasa ditempel di kendaraan.
·
Baliho, media promosi yang sering
digunakan untuk memberikan informasi promosi jangka pendek tentang acara atau
promosi komersil.
·
Neon box, media promosi berbentuk kotak yang diterangi cahaya dari lampu
neon yang dipasangkan di dalamnya. Media ini cocok digunakan sebagai media
promosi di malam hari.
·
Round tag, atau biasa disebut rontek. Media yang biasa ditempel di tepi
jalan dengan bahan dasar banner.
Saya sudah Bu.
BalasHapusOK
HapusSaya sudah Bu.
BalasHapusWes bu
BalasHapusWes bu
BalasHapusSaya sudah Bu.
BalasHapusSudah Buu.
BalasHapusSaya suda
BalasHapusSaya sudah bu
BalasHapusSudah bu
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSudah bu
BalasHapusIktibar Abiel (16) XI IPS 2
BalasHapusSUDAH MENYELESAIKAN TUGAS. SEKIAN TERIMAKASIH BU
Sudah bu
BalasHapusSaya sudah bu
BalasHapus