MEDIA PROMOSI I


Pemasaran produk peralatan sistem teknik tidak hanya berhubungan dengan produk, harga produk, dan pendistribusian produk, tetapi berkait pula dengan mengkomunikasikan produk ini kepada konsumen, untuk mengomunikasikan produk ini perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi, yang terdiri dari empat komponen utama yaitu periklanan, promosi penjualan, publisitas dan penjualan tatap muka. Tujuan utama mempromosikan sebuah produk meliputi :
a. memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan,
b. meningkatkan angka penjualan,
c. membangun loyalitas konsumen.

Promosi sangat penting dalam suatu usaha karena mempengaruhi hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan. Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi :
a. Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen.
b. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk.
c. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen.
d. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran.
e. Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen.
f. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya.
g. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.

Kegiatan promosi membutuhkan media. Ada banyak media promosi yang dapat digunakan untuk mendongkrak penjualan. Secara garis besar, ada tiga jenis media iklan yaitu media iklan cetak, elektronik, dan iklan media luar ruang atau outdoor.
Media cetak
Media cetak mengutamakan penggunaan pesan-pesan visual yang dihasilkan dari proses percetakan seperti iklan di koran, majalah, tabloidposter, dan jurnal. Masing-masing media ini memiliki keunggulan tersendiri dengan cakupan audience yang bermacam-macam. Koran harian menguntungkan untuk digunakan seandainya diinginkan promosi yang dilakukan dapat tersebar luas dan setiap hari terbit. Berbeda dengan koran, majalah memiliki audience yang lebih runcing dengan waktu terbit yang tidak setiap hari. Jurnal serupa dengan majalah namun memiliki audience yang lebih spesifik, dan lebih efektif digunakan ketika ingin menyasar target pasar tertentu.

Media elektronik
Dengan merebaknya media sosial dan internet sebagai jantung kehidupan manusia modern masa kini, media elektronik sering dianggap sebagai media paling efektif untuk menjadi media iklan dan promosi. Contoh media elektronik bisa berupa televisi dan radio; website, majalah, dan koran elektronik; bisa juga media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Iklan outdoor
Jenis media ini adalah media yang paling sering kita jumpai di luar ruangan seperti di jalan, pasar, stasiun, dan ruang-ruang publik lain. Beberapa contoh media iklan outdoor yakni
·         Billboard, media promosi yang berbentuk seperti poster dengan ukuran yang besar. Saat ini muncul versi digital dari billboard yaitu videotron, dan versi mobile yang biasa ditempel di kendaraan.

·         Baliho, media promosi yang sering digunakan untuk memberikan informasi promosi jangka pendek tentang acara atau promosi komersil.
·         Neon box, media promosi berbentuk kotak yang diterangi cahaya dari lampu neon yang dipasangkan di dalamnya. Media ini cocok digunakan sebagai media promosi di malam hari.
·         Round tag, atau biasa disebut rontek. Media yang biasa ditempel di tepi jalan dengan bahan dasar banner.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Asinkron

KONVERSI BILANGAN BINER, OKTAL, DAN HEKSADESIMAL

Tutorial Cara Membuat Design Logo Di PixelLab Yang Unik